Text
Sosiologi Pendidikan: Individu, Masyarakat, Dan Pendidikan
Sosiologi pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang membahas proses interaksi sosial
anak-anak melalui keluarga, masa sekolah sampai dewasa dengan kondisi-kondisi sosio-
kultural yang terdapat di dalam masyarakat dan negara. Dalam praktiknya sosiologi pendi
dikan sangat terkait erat dengan sekolah, khususnya sistem pendidikan dalam masyarakat,
termasuk pengembangan pendidikan secara berkelanjutan. Sosiolog berpendapat bahwa
struktur kekuasaan dan kebutuhan masyarakat individu menentukan arah pendidikan.
Konsep Sosiologi dapat lebih membantu memahami masalah pendidikan, sebab Sosiologi
memiliki alat-alat dan teknik ilmiah untuk mempelajari pendidikan dan dapat memberikan
sumbangan berharga kepada sistem pendidikan dalam masyarakat. Melalui analisis
hubungan dan interaksi manusia dalam pendidikan, akan diperoleh prinsip-prinsip dan
generalisasi hubungan manusia dalam sistem pendidikan.
Sosiologi pendidikan merupakan analisis ilmiah atas proses sosial dan pola-pola sosial yang
terdapat dalam sistem pendidikan. Dengan demikian, para pendidik diharapkan dapat
mengenal sosiologi dan memanfaatkannya, walaupun ia bukanlah ahli sosiologi. Bagi
seorang pendidik/guru, pengetahuan tentang perubahan sosial dan pendidikan serta berbagai
dinamika perubahan sosial diperlukan sebagai upaya antisipatif dan responsif terhadap
perubahan tersebut yang diharapkan berdampak positif dalam proses pembelajaran.
Buku Sosiologi Pendidikan ini memuat konsep-konsep sosiologis yang menjadi alat analisa
bagi para pendidik/guru untuk memudahkan proses belajar mengajar dan pengembangan
pendidikan. Buku ini ditujukan untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 di kalangan ilmu
Pendidikan dan tentu saja bagi para praktisi pendidikan
Tidak tersedia versi lain