Text
Psikologi Pendidikan: Konsep Dasar, Teori, Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran
Psikologi pendidikan merupakan sebuah bidang studi yang berhubungan dengan
penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.
Sebagai sebuah disiplin ilmu yang menjadi cabang dari psikologi, psikologi pendidikan
akan membahas masalah belajar beserta bagian-bagian yang melingkupinya. Ruang
lingkup dari studi ini yaitu pokok bahasan mengenai belajar, proses belajar, dan situasi
belajar
Pendidikan seharusnya mempunyai kreasi-kreasi baru sepanjang waktu dengan
berorientasi pada sifat dan hakikat siswa. Guru yang benar-benar dapat berhasil ialah
guru yang menyadari bahwa ia mengajarkan sesuatu kepada manusia-manusia yang
berharga dan berkembang.
Semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan perlu mengarahkan perhatian
kepada sifat dan hakikat siswa sehingga pelayanan pengajaran membuahkan pribadi-
pribadi yang berkembang secara wajar dan efektif. Dalam hal ini, penerapan psikologi
pendidikan memerlukan pemikiran yang mendalam agar pelayanan atau perlakuan guru
terhadap siswa sesuai dengan sifat dan hakikat mereka.
Dalam buku ini secara lugas menjelaskan konsep tentang psikologi pendidikan
sebagai referensi dalam proses pendidikan. Materi-materi yang tercantum sebagai
berikut.
* Hakikat Psikologi Pendidikan
.
•
Aspek-Aspek Perkembangan
Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Kearifan Lokal
4
Memahami Konsep Dasar Belajar
4
Teori-Teori Psikologi Belajar
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Belajar
W
4
Masalah Kualitas Belajar
W
Lupa dan Transfer Belajar
4
.
Pembawaan dan Lingkungan
Motivasi Belajar
Kemampuan dan Inteligensi
Gaya Belajar & Gaya Kognitif dalam Pembelajaran
Konsep Dasar Evaluasi dalam Pendidikan
Tidak tersedia versi lain