Text
Psikologi Pendidikan Islam
Psikologi Pendidikan Islam adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari jiwa manusia dengan
berbagai aspeknya berdasarkan ajaran Islam yang terdapat di dalam Al-Qur'an, al-Hadis dan
pendapat para ulama. Ilmu ini sangat penting dalam merancang konsep pendidikan,
terutama yang berkaitan dengan penyusunan kurikulum, bahan ajar dan kegiatan proses
belajar mengajar
Munculnya berbagai macam metode, pendekatan dan strategi pembelajaran sebagaimana
yang akhir-akhir ini terjadi, banyak dipengaruhi oleh konsep psikologi yang dikembangkan
para ahli. Semakin berkembang konsep psikologi, semakin berkembang pula konsep
pendidikan. Atas dasar pemikiran ini, setiap orang akan gagal, atau akan tersesat dan keliru
dalam menyusun kurikulum, bahan ajar, serta mendesain dan menerapkan metode,
pendekatan, strategi dalam pembelajaran, dan aspek pendidikan lainnya, apabila tidak
menguasai atau keliru dalam memahami psikologi pendidikan.
Dengan melihat peran dan fungsinya yang demikian itu, maka psikologi pendidikan
merupakan mata kuliah wajib yang diberikan kepada para sarjana calon tenaga pendidik
Namun demikian, psikologi pendidikan yang selama ini diberikan kepada para mahasiswa
calon sarjana pendidik adalah psikologi pendidikan yang didasarkan pada konsep psikologi
Barat yang belum tentu sesuai dengan psikologi pendidikan yang digali dari sumber ajaran
Islam, yakni Al-Qur'an, al-Hadis, dan pendapat para filsuf dan ulama Islam Buku ini
berupaya memperkaya wawasan dan pengetahuan para mahasiswa calon tenaga pendidik
dengan psikologi pendidikan yang berdasarkan ajaran Islam. Jika psikologi pendidikan Barat
dibangun atas asumsi tentang jiwa manusia yang didasarkan pada pengetahuan manusia
yang bersifat empirik, rasional, dan hanya berpusat pada manusia (anthropo-centred), maka
dalam psikologi pendidikan Islam, selain didasarkan pada pengetahuan manusia yang
bersifat empirik, rasional, dan anthropo-centred, juga didasarkan pada informasi yang
berasal dari Al-Qur'an, al-Sunnah yang pasti benar, dan pendapat para filsuf dan ulama
Islam dengan landasan tauhid, akhlak mulia dan keseimbangan antara informasi dari wahyu,
rasio, hati dan pancaindra.
Karenanya buku ini perlu dipelajari dan diamalkan kandungannya oleh para mahasiswa
calon tenaga pendidik, pada dosen bidang keguruan, para peneliti psikologi pendidikan, dan
masyarakat pada umumnya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain