Text
Belajar Sejarah Melalui Berbagai Disiplin Ilmu: Studi Kasus Pembelajaran Sejarah di IAIN Tulungagung
Penelitian tentang pembelajaran sejarah di IAIN
Tulungagung ini berangkat dari konteks penelitian bahwa para
dosen pemangku MK sejarah tidak ada yang berlatar belakang
pendidikan dari jurusan sejarah atau pendidikan sejarah, dan
atau pernah mengikuti pelatihan dalam pembelajaran sejarah.
Latar belakang pendidikan para dosen adalah sangat penting
karena bisa mempengaruhi konsepsi mereka tentang sejarah
dan keputusan-keputusan mereka tentang pembelajaran
[10.52, 17/7/2024] Anesss: sejarah. Fenomena pembelajaran sejarah yang berkembang
sekarang ini lebih diarahkan kepada pembelajaran dengan
pendekatan disiplin ilmu, yang tidak hanya mengembangkan
pengetahuan substantif sejarah para pebelajar tapi juga
mengembangkan kemampuan berfikir historis mereka. Oleh
karena itu, seorang pengajar sejarah tidak hanya dituntut
memiliki pengetahuan substantif sejarah dan pengetahuan
pedagogis dalam pembelajaran sejarah, tapi juga pengetahuan
tentang disiplin ilmu sejarah.
Tidak tersedia versi lain