Text
Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi
Bagaimana mencetak guru yang berkualitas dan profesional,
masih menjadi pertanyaan yang menarik untuk terus dikaji.
Langkah-langkah yang sistematis perlu dilakukan untuk
menyiapkan guru yang berkompetensi tinggi. Sehingga
peranannya dalam kegiatan belajar mengajar dapat diandalkan.
Faktor kunci keberhasilan peningkatan kualitas pendidikan adalah
sistem pendidikan. Di mana kualitas pendidikan guru akan berdampak
pada tinggi rendahnya mutu pendidikan. Sedangkan kualitas pendidikan
guru tidak terlepas dari kontribusi komponen-komponen sistem
pendidikan guru. Komponen-komponen itu adalah: siswa calon guru,
pendidik, pembimbing calon guru, kurikulum, strategi pembelajaran,
media instruksional, sarana dan prasarana, waktu dan dana, serta
masyarakat dan sosial budaya.
Buku ini berisi materi dasar yang ditulis secara ringkas. Untuk itu
diharapkan dapat menjadi bahan kajian bagi mahasiswa kependidikan,
khususnya yang sedang menekuni bidang pengembangan kurikulum.
Prof. Dr. Oemar Hamalik lahir pada 19 Maret 1936 di Padangbindu,
Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Pendidikan sarjana jurusan
pedagogik (B) lulus tahun 1963 pada Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP) Universitas Padjajaran Bandung. Pendidikan
terakhir pada program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Bandung (UPI/IKIP Bandung) dengan memperoleh gelar doktor
kependidikan bidang pengembangan kurikulum (1985).
Bekerja sebagai dosen sejak 1963 dalam bidang pengembangan kurikulum, pengajaran,
dan teknologi pendidikan. Sejak tahun 1994 diangkat sebagai Guru Besar Ilmu
Pendidikan (Pengembangan Kurikulum dan Pembinaan Ketenagaan/Sistem Informasi
Manajemen Pendidikan). Perjalanan kariernya sebagai dosen, baik di lingkungan UPI
(IKIP) Bandung maupun turut membina beberapa perguruan tinggi di Jawa Barat,
seperti: UNPAD Bandung, IPB Bogor, UNINUS, UNPAS, dan lain-lain. Penulis pernah
mendapat kepercayaan sebagai Konsultan Pengembangan Kurikulum dan Manajemen
BKKBN Pusat dan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas di samping
memberikan penataran/pelatihan pada berbagai program diklat, baik militer maupun
sipil.
Sampai sekarang telah menulis sebanyak 36 karya ilmiah yang dipublikasikan
dalam bidang-bidang ilmu pendidikan, pengembangan kurikulum, pengajaran, teknologi
pendidikan, psikologi pendidikan, kepariwisataan, Ilmu Manajemen, dan Keluarga
Berencana di samping berbagai karya ilmiah penelitian, penataran/pelatihan, serta
karya ilmiah khusus lainnya.
Tidak tersedia versi lain