Text
PENGARUH FAKTOR MARKETING MIX DAN FAKTOR SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN UNTUK MENJADI NASABAH BMT SAHARA TULUNGAGUNG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel marketing mix yang terdiri dari
produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), dan promosi (X4) serta variabel syariah (X5) terhadap
keputusan untuk menjadi nasabah BMT Sahara Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini adalah 100
responden nasabah tabungan maupun nasabah pembiayaan.Teknik analisis data menggunakan metode
regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji
validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan
variabel produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), promosi (X4) dan variabel syariah (X5) berpengaruh
signifikan terhadap keputusan untuk menjadi nasabah BMT Sahara Tulungagung (Y). Sedangkan
berdasarkan perhitungan uji t diketahui bahwa secara parsial hanya variabel harga (X2) dan promosi
(X4) yang berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat
Tidak tersedia versi lain