Text
Peran Guru TPQ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an pada Santri di TPQ Al-Amin Dusun Kerajan Lor Desa Gumelar Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022-2023
Ilmu pengetahuan sangat di butuhkan oleh manusia untuk mencapai
kebahagiaan hidup. baik di dunia maupun di akhirat. Sehubungan dengan itu
Allah mengajarkan kepada Nabi Adam dan semua keturunannya dengan ilmu
pengetahuan itu manusia dapat melaksanakan tugasnya dalam kehidupan ini. oleh
karena itu Allah menyuruh, menganjurkan, dan memotivasi umatnya agar
menuntut ilmu pengetahuan. Membaca Al-Qur'an itu suatu yang harus bagi setiap
umat islam, karena Al-Qur'an sumber hukum atau sebagai petunjuk kehidupan
umat islam, maka hendaklah setiap umat islam mampu membacanya sesuai
dengan ketentuan-ketentuan ilmu tajwid untuk dapat mambaca Al-Qur'an dengan
baik dan benar. Yang mana dalam hal ini sebaiknya mengajarkan sedini mungkin.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana peran guru
TPQ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada santri di TPQ
Al-Amin Dusun Krajan Lor Desa Gumelar Kecamatan Balung Kabupaten Jember
Tahun Ajaran 2022-2023? (2) Bagaimana kendala yang dihadapi dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada santri di TPQ Al-Amin
Dusun Krajan Lor Desa Gumelar Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun
Ajaran 2022-2023?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru TPQ
dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada santri di TPQ Al-
Amin Dusun Krajan Lor Desa Gumelar Kecamatan Balung Kabupaten Jember
Tahun Ajaran 2022-2023. (2) Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi
dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada santri di TPQ Al-
Amin Dusun Krajan Lor Desa Gumelar Kecamatan Balung Kabupaten Jember
Tahun Ajaran 2022-2023.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian field
research. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi
serta teknik analisis yang digunakan adalah analisis data milik Miles dan
Huberman.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Peran guru TPQ dalam
meningkatkan kemampuan baca Al-Quran pada santri di TPQ Al-Amin sangat
penting karena dengan tergeraknya manajemen TPQ dalam mengatur dan
mengarahkan kegiatan pembelajaran Al-Quran yang efektif dan efisien, selain itu
dengan adanya tujuan, visi dan misi yang jelas dan metode yang bervariasi, guna
meningkatkan kemampuan baca Al-Quran pada santri. (2) Kendala dan
penghambat yang dihadapi pada pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan
baca Al-Quran pada santri di TPQ Al-Amin difaktori dari berbagai hal baik faktor
internal maupun faktor eksternal seperti rendahnya motivasi santri, serta
kurangnya pendidikan dalam keluarga serta santri yang masih senang bermain
sehingga fokus untuk belajar masih kurang.
VII
Tidak tersedia versi lain