Text
MEMBANGUN LOYALITAS NASABAH
Persaingan yang terjadi pada bidang pelayanan jasa dititik
beratkan pada kualitas dari jasa itu sendiri. Kualitas pelayanan
lebih menekankan pada kepuasan konsumen, sebab produk dari
jasa itu adalah sesuatu yang tidak bisa disimpan, dan tidak berwujud
sehingga produk yang dijual merupakan pelayanan atau jasa yang
ditawarkan kepada konsumen yang mempengaruhi kepuasan dan
keinginan konsumen untuk menggunakan ulang produk jasa yang
ditawarkan atau loyalitas pelanggan (customer loyality) dan menarik
konsumen untuk menjadi pelanggan dari perusahaan bisnis tersebut
(customer potential).
Dengan lebih berfokus dengan mendengarkan suara pelanggan,
berarti menjamin bahwa kualitas bisa dibangun dalam produk-produk
atau versi produk baru yang sudah ada dalam tahap desain awal. Secara
spesifik, pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan adalah untuk
menciptakan kepuasan pelanggan dengan menjadikan pelanggan
sebagai fokus utamanya, hal ini berarti persoalan kualitas jasa dan
kepuasan konsumen kini semakin menjadi hal yang penting dan genting
bagi perusahaan jasa.
Oleh karena itu, perusahaan perlu membangun sistem manajemen
kualitas jasa, mengidentifikasi kesenjangan yang mungkin terjadi, serta
pengaruhnya bagi kepuasan konsumen dan perilaku konsumen purna
layanannya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain